Cara efektif menghukum anak ada 3 yaitu:

– mendiamkan

– memberi tugas rumah tambahan

– menghentikan aktivitas favoritnya, misalnya internetan (diblock atau dicabut)

Tapi konsistensi perlu dilakukan.

Contoh kasus:

anak kedua saya umurnya 11 thn sekarang.dan akhir2 ini gak tau kenapa rada2 melawan ortu dlm arti dia lebih banyak gak mau dengerin/melaksanakan perintah ortu.sepertinya mulut saya ngomel2 sampe capek dia mah kayak gak dengerin aja.

dan akhir2 ini melewati usia dia yg 10 tahun,kenakalan dan kebandelan nya makin menjadi2.contohnya,dia selalu gangguin kakaknya yg lagi belajar ato lagi tenang dan ujung2 nya bisa ditebak,mereka bakal berantem dan pada akhirnya saya ato suami saya jadi turun tangan.udah berbagai macam hukuman saya kasih ke dia.dari hukuman gak boleh keluar kamar,gak boleh minta sesuatu sampe hukuman gak boleh main segala macem game baik PC,PS maupun DS.tp semua gak mempan tuh.rasa2 nya dia semakin tambah tingkat kenakalan nya bahkan cenderung nantangin kita2 semua.

kira2 hukuman apa yg paling efektif buat anak dgn umur segitu ya?saya inginnya gak pake kekerasan.teriak2 aja saya gak suka,paling ngomel2 aja.tapi kok dia kalem2 aja ya kyk udah kebal?kl sudah gak sabar suami saya kdg2 kelepasan mukul pantat dia dan ujungnya saya yg gak terima.

share dong bagi2 pengalaman disini ya?saya gak mau anak saya nantinya jd perusuh di rumah sendiri.soalnya dia itu cewek lho…
thx ya temans…

Masukan yang bagus sbb:

Mungkin bisa jadi masukan walaupun kondisinya agak beda. Setelah adiknya lahir, anak gue yg gede (jaraknya 4 th), juga lambat laun jadi temperamen sekali (kira2 umurnya 5 th). Gue juga sering ngomel2 sama dia, kakek neneknya juga kewalahan ngadepin. Sampe 1 titik kita mulai mengubah strategi menghadapi dia. Justru istri yang baik2in dia, kl marah dipeluk, dimasakin makanan yg dia mau, dikasih hadiah2 kecil (tidak perlu mahal), dibacain buku, ditemenin maen, dll Artinya kita berusaha sejauh mungkin mengurangi marah ke dia, walaupun kadang2 gak tahan juga Dampaknya setelah beberapa lama temperamennya membaik tuh. O ya kita juga sering bilang kl kita sayang banget sama dia, walapun kita marah2 justru karena kita sayang sama dia, dan kita kasih contoh2 perasaaan sayang kita ke dia. Sekarang sih dah oke2 tuh. Kl kadang2 bandel ya emang anak2, jadi dijalanin aja.
Mungkin penting untuk dicari tahu, apa yg membuat dia berubah. Dulu itu, selain krn ‘cemburu’ sama adiknya, juga persiapan masuk SD tahun depannya ditambah pergaulan sama anak2 tetangga (karena gue di kampung tinggalnya, jd kelakuan anak2 atau tetangga di sekitar cukup memberi bad influence ke anak2 gue). terus ya satu per satu penyebabnya coba diatasi.
Semoga membantu sharingnya