Setelah sering mati sendiri, akhirnya aku coba bongkar CPU dan dicobalah memory dicabut satu persatu lalu dipasang lagi, jumlah memory di komputerku ada 4, tetapi begitu dinyalakan mati lagi. Akhirnya, ting!! aku dapat BFO (semacam masukan) bahwa kemungkinan memang memorynya karena dari 4 tsb ada yang tidak seragam dan besarnya masing-masing hanya 512 kb, akhirnya yang dipasang yang seragam dan masing-masing 1 Gb jadi total 2 Gb. Dipasang dan Alhamdulillah sampai aku nulis ini blog belum mati lagi. Semoga memang penyebabnya adalah memory tsb.

Aku juga memberi komentar pada http://agussale.com/inilah-5-penyebab-komputer-restart-sendiri

Tetapi pada hari Sabtu, tanggal 17 September 2011, setelah mati lagi dan no signal, dan sudah diutak atik mulai cabut memory, pindahkan memory, cek kabel VGA, berishkan VGA card, tetapi belum berhasil juga, akhirnya aku bawa ke Jaya Plaza untuk dicek, ternyata setelah dicek di Reka Utama penyebabnya adalah VGA card-nya, karena begitu diganti maka jalan lagi. Akhirnya aku ganti VGA cardnya dengan spesifikasi Pixel View 220GT GeForce seharga 550 k.

Setelah dipertimbangkan akhirnya aku ganti total spesifikasinya menjadi:

1. Motherboard : GigabiteP41T-D3P (diupgrade ke type ini dgn pertimbangan besarnya hampir sama dengan yang dulu, shg bisa menampung accesories yang lama seperti Winfast dan kabel fire wirenya, sedangkan dialup nya dicabut saja. Tempat/ socketnya bisa digunakan untuk konek ke internet yang internal (internal wifi).

2. Processor : Intel Core2Duo E7500 (2,5 Ghz) Tray

3. Memory DDR3 Corsair 10600 : 2 x 4 Gb = 8 Gb

4. Casing : Cooler Master type USP 100 Black (550 k)

Kompi lama (MB P5LD2 SE, Proc Intel P4 D, dan Memory Kinstone 2x 1 Gb) dihargai 400 k saja.

Total tambah (550 k  + 2,1 jt + 230 k + fee 20 k) = 2,9 jeti an + 400 k = 3,3 jeti.

Proses dari jam 10 pagi sampai jam 17.00, sholat dhuhur dan ashar di mesjid belakang jaya plaza.

Semoga spek ini bisa bertahan minimal 3 tahun dari sekarang.