Qannah merasa cukup, sedangkan serakah merasa tidak cukup

Qanaah membuat hati tenang tidak menggebu gebu, sedangkan serakah membuat hati tidak tenang, ketakutan didahului orang lain, lupa teori kalau sudah jodohnya nggak akan kemana (hanya untuk menenangkan hati yang ketakutan).

Syukuri dengan mulai menghitung yang sudah didapat dan membandingkan dengan yang di bawah jangan yang di atas kita.

Stop keinginan duniawi panjang angan serta alasan ketakutan lainnya. Dunia ladang untuk beramal, termasuk untuk urusan keluarga misalnya biaya sekolah, belanja, operasional rumah bulanan meliputi biaya pembantu

Bila untuk menghindari boros uang yang ada disimpan dalam bentuk deposito minimal bulanan, karena bila dalam tabungan maka mudah untuk diambil sedangkan bila dalam deposito maka akan menunggu tanggal jatuh temponya.

Satu lagi cari ilmu di dunia yang akan memperkuat pondasi hidup, contoh saya tidak menggunakan kesempatan ataupun peluang menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi, contoh kertas HVS, spidol, sparepart komputer seperti harddisk, SPJ fiktif, minta imbalan atas usaha yang memang seharusnya merupakan kewajiban, karena akan merusak hati, sedikit sedikit tapi berbahaya. Astaghfirullah.