Tulisan ini dibuat karena dari hasil pengalaman pribadi yang menyebabkan stress adalah kondisi dimana kita tidak siap atau tidak mau menghadapi suatu kondisi yang tidak sesuai harapan dan keinginan,

РAnak atau keluarga sakit, solusi adalah pengawalan dalam pemberian suplemen dan makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup. Pengadaan suplemen seperti propolis dari melia, klink ataupun diamond, madu, untuk menambah nafsu makan, dll serta pengawasan dalam pemberian makanannya. Kebersihan dari peralatan dapur.

– Anak ujian sekolah belum siap, solusi adalah pengawalan dalam harian belajar di sekolah dan di rumah berupa pengecekan bukom serta PR yang harus dikerjakan, pemberian les yang berguna.

– Terlambat datang ke kantor, karena berangkatnya siang, belum disiapkan segala sesuatunya, harus dihitung mundur, bila ingin berangkat jam 07.00, maka perlengkapan harus sudah masuk ke mobil 10 menit sebelumnya sambil manasin mobil, makan sudah selesai jam 06.45, mandi harus sudah selesai jam 06.30, bila olahraga dulu maka harus sudah selesai jam 06.00 sehingga ada waktu istirahat atau pendinginan 15 menit, bila dalam olahraga setiap hari cukup 30 menit maka sudah mulai bergerak jam 05.30, untuk efektivitas maka 10 menit sebelumnya dilakukan warming up terlebih dahulu. Agar tidak terburu-buru maka mulai pukul 05.10 harus sudah cukur jenggot. Malahan menyiapkan tas kantor bisa dilakukan malam hari dimasukkan ke mobil.

– Mau mengajar SAP, hal ini disebabkan belum ada power point untuk materinya, sehingga masih meraba-raba dan belum ada templatenya yang terbaru masih mengandalkan materi presentasi yang lama.