Setelah selesai perbaikan rumah di Gang Ita Sumedang yang memakan waktu 23 hari kerja, maka Minggu, 5 Agustus 2012 setelah paginya cek per telepon ke istrinya Aan untuk tanya adanya Aan untuk mencat rumah, yang asalnya tidak bisa datang ada lembur tapi kata saya sehari ini saja, mungkin didorong istrinya juga, akhirnya Aan mau datang ke rumah untuk perbaiki yang kecil-kecil, terutama tampak depan dimana cat warna orangenya sudah pudar yang disebabkan karena waktu beli dulu sudah pesan yang untuk luar, tetapi ternyata kemtone untuk luar minimal 5 kg, sedangkan saya pesan yang 1 kg, jadi saja dua kali pengecatan tersebut bisa dibilang penghamburan uang karena sebentar sudah kusam lagi.

Setelah Aan datang, maka langkah pertama adalah membersihkan kaca di atas tangga yang sudah lama tidak dibersihkan.

Lalu aku beli perlengkapan dan bahan, termasuk beli tangga yang tingginya 6 meter di depo listrik seharga 1,6 jt an dan langsung dikirim pakai motor. Tangga tersebut termasuk mahal, tetapi ada harga ada kualitas. Merknya adalah fortuna. Semoga memberi kemanfaatan dalam pemeliharaan rumah.

Cat-cat belinya di BJ Hypermart, meliputi cat orange yang dipilih adalah dulux weathershield max, yang 2,5 liter, sebab kemtone tidak bisa yang kecil minimal 1 galon dan itu kebanyakan, sambil coba juga. Tadinya mau coba premio yang bisa 1 kg tetapi karena merupakan kelas premiun dari sanlex akhirnya aku batalkan saja karena belum yakin. Ini yang semi kilap jadi paling mahal di antara dulux weathershield.

Cat coklat kemtone (B-12-1) untuk ruang TV yang kelihatannya mulai kusam, dan untuk ganti suasana di kamar tidur utama yang asalnya warna abu diganti jadi coklat biar sama juga dengan warna wardrobe baru🙂

Cat kemtorne krem (DW25) beli juga 1 galon dulu untuk menutup yang bekas didempul, dimana harga dempulnya (ready patch) saja ukuran kecil seharga 52 rb, termasuk mahal tetapi semoga lebih kuat dan tidak  retak lagi.

Cat pink untuk kamar ira mencoba yang buatan dari sanlex tetapi yang premiumnya (Premio 2-47-2 spirit). Setelah di rumah ternyata seharusnya pink tua, tetapi terlanjur sudah beli yang muda, ya dipakai sajalah. Ternyata ira juga suka akan warna cat pink muda tsb.

Sore hari Aan baru selesai setengahnya yang orange di depan, dilanjutkan besok lagi, pengawasan rencananya oleh dodoy kalau bisa. Kalau tidak bisa ya terpaksa aku pulang kabur dulu ke rumah untuk mengawasinya. Ternyata memang dodoy nggak bisa, dan aku akhirnya menyuruh aan untuk melanjutkan cat luar saja, termasuk pagar yang hitam.

Sore hari juga aku kuras lagi tangki atas pakai Hcl tetapi ternyata aku lupa bispronya, dimana sudah terlanjur disiram Hcl 1 liter tangkinya, seharusnya dikosongkan dulu benar-benar sampai kering, baru disiram. next time lah.

Hari ke dua (Senin, 6 Agustus 2012) perbaikan adalah pengecatan lanjutan untuk warna orange dan hitam untuk menghilangkan titik air eks hujan, lalu pengecatan besi di atap garasi dan besi pagar. Ternyata 2 hari ini juga belum menyelesaikan pekerjaan. Dilanjutkan nanti minggu dan senin katanya, sedangkan upahnya belum diberikan sekalian saja nanti.

Rabu, 22 Agustus 2012 atau 16 hari setelah pengecatan sebelumnya, Aan dan gatot akhirnya datang krn sedang libur dari pekerjaan di turangganya, mulailah perbaikan yang pertama adalah pengecatan lanjutan untuk cat orange di atas, dan sebagian pengecatan listplank, lalu penutupan pakai semen untuk eks bobok AC, pengecatan abu muda, setelah selesai di paling atas (atap), dilanjutkan dengan di teras lantai dua, yaitu yang abu muda dan atap yang sudah mulai timbul2, setelah selesai dilanjutkan dengan pengecatan dalam kamar yaitu wardrobe dan kamar tidur utama, setelah itu dilanjutkan dengan pengecatan daerah lantai 2, meliputi atas tangga.

Dalam usaha pengecatan tersebut, aku mencari kawat beton sampai keliling sukarno hata – kiaracondong, akhirnya dapat di borma jalan jakarta, lalu beli thinner siangnya, juga beli cat putih vinilex di depan borma kircon.

Rencanannya sabtu ini dilanjutkan untuk:

– pengecatan listplank bagian kanan belakang

– pengecatan besi di bawah atap garasi

– pengecatan tangga torn

– pasang atau ganti genteng kaca dengan genteng beton.

Akhirnya Sabtu 25 Agustus 2012, Aan dan Gatot datang dan menyelesaikan pekerjaannya. Alhamdulillah. Mulai dari pengecatan listplank yang sisa, pembersihan kaca di atas tangga, pengecatan seiv doff hitam untuk garasi, pagar depan dan pagar atas, tangga torn, atap yang retak, lubang karena rayap.

Yang belum selesai adalah pasang atau ganti genteng kaca yang kadang-kadang suka ada bocor kalau hujannya ada angin.