Gimana ya agar hidup kita bisa terasa lebih indah, tenang dan menyenangkan? Dalam hidup ini, ada banyak cara untuk dilakukan guna mengubah kecemasan menjadi ketenangan dan kedamaian. Misalnya dengan beberapa kiat berikut :


1. Memperbaiki Persepsi tentang Diri Sendiri; seyogyanya kita mesti lebih berhati-hati dalam menilai diri sendiri. Kenapa? sebab diri kita terbentuk dari apa yang kita pikirkan. Semisal bercocok tanam, pikiran yang baik akan menghasilkan buah yang baik begitu pula sebaliknya. Seringkali perubahan dalam cara berpikir dan memandang suatu masalah dapat menjadi jalan menuju ketentraman jiwa.


2. Membantu Orang yang Membutuhkan; menurut beberapa penelitian, mereka yang meluangkan waktunya untuk membantu orang lain ternyata lebih bahagia dan tenang jiwanya. Aktif dalam berbagai kegiatan amal dan berorganisasi di luar rumah lebih menyehatkan daripada cuma berdiam diri. Hal itu disebabkan karena tubuh mereka yang senang menolong itu (katanya) memproduksi sejenis senyawa kimia otak yang berfungsi meningkatkan mood.


3. Berjalan Kaki; menurut Peneliti dari California State University USA, berjalan kaki selama 10 menit bisa membangkitkan mood lebih cepat dan tahan lama. Jadi kalau suatu saat pikiran tengah mumet atau semangat sedang menurun, segeralah langkahkan kaki dan berjalan selama 10 menit.

 


4. Mendengarkan Musik; sebuah penelitian menunjukan bahwa musik dapat menurunkan tekanan darah, metabolisme dasar, serta tingkat respirasi, sehingga mengurangi respons psikologis terhadap stress. Jadi jika ingin menciptakan perasaan damai dan tenang, carilah salah satu musik yang paling disukai. Nyalakan dan dengarkan musik itu disaat-saat yang penuh dengan stress. Insya Allah anda akan merasa lebih santai dan tenang.


5. Tertawalah; lawan utama dari tiga bentuk emosi negatif (kemarahan, ketakutan dan depresi) adalah humor. Kenapa? karena humor mampu membuat kita tertawa. Adakalanya dengan tertawa, kita lebih kuat dalam mengatasi setiap masalah.


6. Hargai Keindahan dan Kecantikan; untuk mengimbangi berbagai emosi negatif adalah dengan mengapresiasi atau menghargai keindahan dan kecantikan. Misalnya menikmati keindahan alam sebab pada lingkungan alam inilah terkandung kecantikan yang paling mendasar. Alam bebas adalah tempat terbaik untuk memulainya. berjalan kaki di taman, dilapangan terbuka bahkan di tepi jalan dekat rumah pun dapat mengakibatkan rasa damai dan aman. Wallahu’alam.

 


7. Pandai Bersyukur

Kita harus sering melihat kondisi orang yang berada di bawah kita dan membatasi melihat oang-orang yang berada di atas kita. Kita akan merasa cukup walaupun hidup sederhana apa adanya. Apa yang kita dapat akan lebih bermakna dibandingkan orang yang memiliki segunung harta tetapi selalu merasa kurang.

 

8. Jangan terlalu Mengejar Cita-Cita Keduniawian

Menghabiskan sebagian besar waktu demi mencari materi akan membuat kita menyesal di kemudian hari. Gunakan sebagian waktu yang ada untuk beramal, beribadah, sedekah, membangun keluarga yang bahagia, memberi kontribusi bagi lingkungan sosial masyarakat, dan lain sebagainya.

 

5. Hidup Sederhana

Dengan hidup sederhana kita akan selalu merasa berkecukupan dan hidup tenang lahir batin. Hidup mewah dan gelamor butuh biaya yang tidak sedikit dan harus terus menjaga image dengan banyak daya upaya. Dengan hidup sederhana dan rendah diri kita tidak akan mudah stres. Fokuslah ke kekayaan non materi dan fisik (kecantikan/ketampanan) karena orang akan lebih menghargai kita jika kita punya banyak kemampuan yang tidak dimiliki orang lain tetapi kita tidak sombong.

 

10. Manajemen Emosi

Jaga emosi dan nafsu kita karena mereka dapat menghancurkan kita dan meninggalkan kita dalam penderitaan. Latih nafsu dan emosi dengan puasa. Jangan mudah terpancing emosi. Jadilah orang yang baik dan hindari menjadi orang jahat / penjahat. Biarkan saja orang lain bilang apa / melakukan apa, karena dunia penuh dengan ujian dan persoalan.

 

(Dikutip dari beberapa sumber)
( http://pecintahabibana.blogspot.com/2010/11/cara-membuat-kita-hidup-tenang-baik.html)
(http://indonesiamakkah.blogspot.com/2010/02/10-cara-agar-hidup-lebih-tenang-dan.html)