Jangan kepo, jangan mau tahu urusan orang lain.

Ternyata selama ini aku termasuk orang yang kepo berat, mau tahu urusan orang lain. Dan aku harus mulai menguranginya sedikit demi sedikit, dengan cara tidak banyak bertanya urusan pribadi orang lain, tidak membicarakan orang lain, dan tidak perlu tahu urusan orang lain. Bila ada yang mau dicurhatkan maka jangan dicurhatkan ke orang lain tetapi ke Yang Maha Mendengar saja.
Tanpa pamrih yaitu ikhlas tidak perlu ada keinginan balasan atas usaha yang telah dilakukan. Contoh kepada keluarga, merupakan kewajiban untuk membuat nyaman keluarga, jadi tidak perlu ingin dipuji atau mengharapkan imbalan, bertindak biasa-biasa saja atas apapun yang terjadi. Kalau mau menumpahkan perasaaan apapun cukup kepada Allah saja lewat doa dan sholat.

Di lain kesempatan Rasul menegaskan, “barangsiapa yang bangun di pagi hari lantas mengadukan kesulitan hidupnya kepada orang lain, maka seolah-olah dia mengadukan Tuhannya [tidak rela akan takdir-Nya]. Dan barangsiapa bangun di pagi hari dalam keadaan sedih karena urusan duniawi, maka di pagi itu dia telah membenci Allah.”

Istighfar