Tentang Durolane

Apakah Durolane itu?

Durolane adalah pengobatan dengan satu suntikan untuk meredakan nyeri pada osteoarthritis lutut dan panggul. Durolane berbasis pada teknologi alami, aman dan sudah terbukti yang dinamakan NASHA (Asam hyaluronat yang terstabilisasi). Asam hyaluronat (AH) adalah molekul yang terbentuk secara alami yang berfungsi untuk memberikan pelumasan dan bantalan pada sendi normal.
Durolane adalah gel transparan yang mengandung asam hyaluronat (AH). Durolane disuntikkan ke dalam sendi yang terkena osteoarthritis untuk meredakan nyeri, mengembalikan pelumasan dan bantalan sendi yang meningkatkan fungsi sendi dan membantu mengembalikan kualitas hidup. Bentuk terstabilisasi dari AH di dalam Durolane dikenal sebagai NASHA – untuk informasi lebih jauh silahkan hubungi www.q-med.com

Seberapa aman pengobatan dengan Durolane?

Durolane dibuat menggunakan NASHA – proses tingkat tinggi asam hyaluronat yang dipatenkan . Durolane adalah suatu produk dengan kemurnian yang tinggi yang diproduksi tanpa menggunakan bahan-bahan yang berasal dari hewan, untuk memastikan bahwa risiko ketidakmurnian mendekati nol. Durolane diperlakukan oleh tubuh sama seperti asam hyaluronat yang dihasilkan tubuh dan belum pernah dilaporkan reaksi imunologis atau reaksi anafilaktik. NASHA telah digunakan dengan aman pada lebih dari 4.500.000 pengobatan, untuk berbagai tujuan medis.
Bagaimana bisa satu suntikan cukup sedangkan asam hyaluronat yang lain membutuhkan 3-5 kali suntikan setiap siklus pengobatan?
Proses stabilisasi asam hyaluronat NASHA yang dipatenkan memungkinkan Durolane untuk bertahan dari penguraian dan memiliki efek lebih tahan lama dibandingkan preparat asam hyaluronat lainnya. Durolane juga mengandung konsentrat AH berkadar tinggi. Hal ini meningkatkan waktu paruh Durolane sementara AH dari produk asam hyaluronat lainnya menghilang dalam beberapa hari setelah penyuntikan.
Ini menjadi alasan utama mengapa anda hanya membutuhkan satu suntikan tunggal Durolane sementara produk lain membutuhkan beberapa suntikan.

Bagaimana Durolane bekerja?

Durolane mengandung konsentrat asam hyaluronat (AH) dalam kadar yang tinggi yang memiliki efek menyerupai AH alami. Durolane mengembalikan kadar AH yang secara alami berkurang selama berkembangnya osteoarthritis. AH diketahui mengendalikan nyeri dan karena memiliki sifat visco-elastic AH dapat berfungsi sebagai bantalan dan peredam kejut di dalam sendi. AH juga diketahui membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam sendi dan mengembalikan fungsi normal sendi.

Apakah keadaan saya cukup serius untuk diterapi?

Jika anda mengalami nyeri pada osteoarthritis sendi atau panggul dan nyeri yang tidak dapat dikendalikan dengan penahan nyeri sederhana dan modifikasi gaya hidup, maka anda dapat diterapi dengan Durolane. Untuk mengetahui apakah Durolane tepat untuk anda silahkan konsultasikan ke dokter anda

Dapatkah saya menerima pengobatan Durolane di kedua lutut saya?

Ya, Bagaimana pun juga anda membutuhkan satu suntikan di setiap lutut.

Dapatkan saya menerima pengobatan Durolane untuk osteoarthritis panggul?

Ya. Durolane telah memperlihatkan efektifitasnya untuk osteoarthritis panggul dan lutut

Bagaimana pengobatan ini dilakukan?

Seluruh prosedur dilakukan di dalam ruang konsultasi dokter dan memerlukan waktu kira-kira 10-15 menit. Durolane diberikan dengan satu suntikan tunggal ke dalam sendi lutut.

Apakah terasa nyeri?

Banyak dokter akan memberikan obat bius lokal sebelum menyuntikan Durolane untuk mengurangi ketidaknyamanan

Dapatkan saya mengulangi pengobatan?

Ya. Pengobatan dapat diulangi bila diperlukan.

Bagaimana bisa satu suntikan cukup sedangkan asam hyaluronat yang lain membutuhkan 3-5 kali suntikan setiap siklus pengobatan?

Teknologi NASHA yang dipatenkan oleh Q-Med memungkinkan asam hyaluronat di dalam Durolane memiliki efek lebih tahan lama dibandingkan preparat asam hyaluronat lainnya. Alasan utama kenapa produk lain membutuhkan beberapa suntikan adalah karena asam hyaluronat yang disuntikkan menghilang dalam beberapa hari setelah penyuntikkan.

Seberapa efektif pengobatan ini?

Asam hyaluronat intra artikuler memberikan penyembuhan nyeri yang sebanding dengan obat pereda nyeri atau kortikosteroid yang diinjeksikan, dengan durasi kerja yang lebih lama.

 

Tentang osteoarthritis

Apakah osteoarthritis itu?

Ketika anda mengidap osteoarthritis lutut:

  • Cairan sendi mungkin kehilangan kemampuannya untuk melindungi sendi
  • Kartilago halus yang secara normal menjaga ujung dari tulang lutut mungkin kehilangan efek bantalannya atau menjadi berlubang dan berjumbai. Bahkan mungkin sejumlah besar daerah kartilago terobek sepenuhnya, sehingga tulang-tulang saling bergesekan dengan begitu nyerinya satu sama lain
  • Terpecahnya kartilago dapat menyebabkan sendi berubah bentuk dan ujung tulang dapat menebal dan membentuk tonjolan kecil pada tulang
  • Bagian dari tulang atau kartilago dapat mengapung pada ruang sendi dan menyebabkan kerusakan dan nyeri lebih lanjut.


Lutut normal

1. Kartilago normal memberikan permukaan yang lembut sehingga tulang dapat bergerak dengan mudah.

2. Konsentrasi tinggi hyaluronat di dalam cairan sendi memberikan bantalan dan melumasi sendi.

3. Tulang normal

 

Lutut OA

4. Tulang rawan yang tererosi jika terkikis sepenuhnya, akan menyebabkan rasa nyeri karena tulang akan bergesekan satu sama lain

5. Konsentrasi rendah hyaluronat di dalam cairan synovial mengurangi kemampuan untuk melindungi sendi

6. Osteofit (penonjolan tulang)

Anda mungkin menderita OA jika anda mengalami gejala-gejala ini:

  • Kaku pada pagi hari
  • Nyeri pada saat bergerak
  • Nyeri bahkan pada saat diam
  • Suara berderak atau perasaan seperti ada yang mengganggu saat berjalan
  • Kulit yang memerah dan membengkak di sekitar lutut.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi ostreoarthritis. Hal ini meliputi:

  • Usia
  • Obesitas
  • Kerusakan sendi karena cedera
  • Gaya hidup
  • Faktor herediter

Ada banyak jenis berbeda dari arthritis, sehingga osteoarthritis sebaiknya selalu didiagnosis oleh dokter

Bagaimana saya mendapatkan pengobatan Durolane?

Silahkan menghubungi dokter umum setempat untuk mendiskusikan keadaan anda, gejala dan metode terkini dari penanganan nyeri atau masukan data-data lengkap anda di bagian di bawah ini untuk menemukan dokter di sekitar anda yang akan memberikan pengobatan.
Durolane mungkin tersedia melalui pelayan kesehatan setempat atau secara pribadi. Ada banyak dokter di Inggris yang menawarkan Durolane secara pribadi. Dokter umum anda akan dapat merujuk anda ke spesialis osteoarthritis sendi atau panggul setempat. Pengobatan anda mungkin termasuk di dalam cakupan kebijakan asuransi anda. Silahkan hubungi perantara anda untuk berkonsultasi lebih lanjut

Keterangan lebih lanjut

Keterangan untuk pasien.

Menemukan dokter spesialis

Masukan lokasi anda untuk detail Durolane yang terdekat dari anda

 

Beli Durolane Dan Kurangi Dampak Dari Nyeri Osteoartritis

Dalam rangka meningkatkan mobilitas dan mengurangi nyeri pada sendi lutut serta sendi pinggul, Durolane disuntikkan langsung ke Lutut bermasalah atau sendi pinggul. Jika dibandingkan dengan perawatan lain dari suntikan yang digunakan untuk mengobati osteoarthritis, hanya memerlukan satu suntikan per perawatan, bukan 3-5 suntikan. injeksi ini diformulasikan dengan menggunakan Nasha (non-hewani asam hyaluronic stabil dalam natrium klorida solutionPH7 dalam kekuatan 20mg/ml. Menurut penelitian, injeksi adalah kuman yang jelas bebas dan kristal visko-elastis Gel yang disediakan dalam 3 ml kaca jarum suntik untuk penggunaan tunggal saja injeksi ini dirumuskan oleh memurnikan dan menstabilkan asam hyaluronic biosynthetically diproduksi yang terdegradasi di dalam tubuh oleh jalur metabolisme sama seperti hyaluronic acid endogen..

Sebelum Anda melakukan pemesanan untuk membeli Durolane, Anda juga harus diingat bahwa itu adalah disuntikkan oleh ahli Bedah ortopedi dengan menggunakan metode aseptik. Setelah pemberian suntikan, meningkatkan dengan cepat dapat dialami. Selain dari ini, injeksi juga membantu dalam meningkatkan mobilitas sendi dan pasien juga mengalami lega agak cepat. Ini adalah kenyataan bahwa kekakuan sendi lutut tidak hanya meningkatkan masalah, tetapi juga hasil pada osteoartritis. Di sisi lain, obat juga menganugerahi pasien dengan kebebasan abadi dari lutut dan pinggul sendi. Manfaat tambahan dari Durolane adalah sebagai berikut. Secara langsung menyembuhkan sendi bermasalah dan berulang seperti yang diperlukan. Di sisi lain, juga cepat dan sederhana untuk dijalankan.

Menurut ahli bedah ortopedi, injeksi Durolane juga dianggap sebagai alternatif terbaik dari pembunuh rasa sakit dan perawatan lain yang digunakan untuk mengobati rasa sakit di lutut OA serta sendi pinggul. Jika Anda menderita OA atau osteoarthritis, Anda disarankan untuk membeli Durolane sebagai suntikan bekerja dengan mengembalikan pelumas dan shock-menyerap sifat cairan sendi yang sering dipakai-out pada osteoartritis tersebut. Hari ini, suntikan telah memperoleh popularitas besar karena hasil sukses. Ini adalah alasan utama yang banyak toko online juga menawarkan obat secara online. Dengan kata lain, Anda dapat dengan mudah membeli Durolane dengan menempatkan pesanan Anda secara online. Seperti suntikan atau obat lainnya, juga dapat menyebabkan ringan sampai sedang efek samping. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengambilnya. Sederhananya, Anda harus membeli Durolane, jika seorang ahli bedah ortopedi menyarankan kepada Anda

 

Farmakologi

Asam hialuronat ditemukan dalam jumlah yang besar pada cairan sinovial dan kulit. Asam hialuronat yang merupakan bagian dari cairan sinovial bertindak sebagai lubrikasi dan bantalan sendi. Pada penderita osteoartritis, kekentalan dan elastisitas cairan sendinya menjadi berkurang. Pemberian asam hialuronat eksogen bertujuan untuk meningkatkan kekentalan dan elastisitas cairan sendi. DUROLANE mengandung asam hialuronat terstabilisasi (NASHA/Non Animal Stabilized Hyaluronic Acid). Asam hiluronat yang terkandung dalam DUROLANE menyerupai asam hialuronat yang dihasilkan oleh tubuh dan bukan berasal dari hewan. DUROLANE didegradasi oleh tubuh melalui jalur yang sama dengan metabolisme asam hialuronat endogen.

Indikasi
Penanganan Osteoartritis lutut dan panggul derajat ringan dan sedang.

Kontra Indikasi
Tidak ada.

Peringata
Durolane
sebaiknya tidak disuntikkan pada : Lutut dan panggul yang terkena osteoartritis mengalami infeksi atau inflamasi
Terdapat peradangan atau penyakit kulit pada atau sekitar lokasi suntikan
Disuntikkan secara intravaskular atau ekstra-artikular atau pada jaringan sinovial
Pasien yang sensitif terhadap produk asam hialuronat.

Perhatian :

– Pasien dengan stasis limfe atau vena tungkai.

– Belum terdapat uji pada wanita hamil atau menyusui dan anak-anak.

-Jika diberikan bilateral, gunakan syringe yang berbeda untuk masing-masing sisi lutut atau panggul.

– Pasien yang diketahui alergi terhadap produk-produk asam hialuronat.

– Anestetik lokal sebaiknya tidak diberikan pada pasien yang diketahui alergi terhadap anestetik lokal.

– Suntikan pada panggul di bawah kendali fluroskopi

– Penyuntikkan kembali pada lutut dengan interval lebih pendek dari 6 bulan antara suntikkan pertama ke suntikkan kedua belum pernah diteliti dalam suatu uji klinis.

Reaksi Yang Tak Diinginkan

Rasa nyeri yang bersifat sementara, bengkak dan/atau kekakuan pada sendi yang bersangkutan dengan intensitas ringan sampai sedang. Adapun fluktuasi gejala yang diamati tidaklah dapat dibedakan dengan rasa sakit akibat osteoartritisnya.

Dosis
Dosis pemberian DUROLANE yang direkomendasikan adalah 3 mL (satu syringe) untuk tiap sendi lutut atau sendi panggul. Sediaan DUROLANE merupakan sediaan dosis tunggal dan sebaiknya disuntik 1 kali saja untuk tiap siklus penatalaksanaan (3-6 bulan).

Petunjuk

– Dilakukan oleh dokter yang berkompeten dan berpengalaman melakukan injeksi intra-artikular

– Menggunakan teknik aseptik yang ketat

– Lokasi suntikan harus diusap dengan alkohol atau larutan antiseptik lainnya sebelum dilakukan penyuntikan

– Cara penyuntikan dipilih sedemikian sehingga kerusakkan pada struktur vital di sekitar sendi dapat dihindarkan

– Harus disuntik ke dalam rongga sendi saja

– Efusi sendi harus dihilangkan sebelum penyuntikan .

– Pengeluaran cairan efusi sendi dan penyuntikan DUROLANE menggunakan jarum yang sama

– Ukuran jarum yang direkomendasikan adalah 18 sampai 22G dan dengan panjang yang cukup.

Mengenai penyuntikkan pada sendi panggul, harus diperhatikan :

– Suntikan intra artikular pada panggul harus diberikan di bawah kendali fluoroskopik (lebih baik dengan suatu medium kontras) atau kendali ultrasonografik agar jarum tepat masuk ke dalam rongga sendi

– Penggunaan anestesi lokal direkomendasikan saat pemasukkan jarum.

 

Asam Hialuronat, Efektif dalam Penanganan Osteoartritis Lutut dan Panggul

Salah satu permasalahan terbesar pada populasi dewasa dan usia lanjut adalah osteoartritis (OA). Penyakit ini berkembang seiring bertambahnya usia penduduk. Osteoartritis merupakan jenis penyakit rematik dengan prevalensi paling tinggi, yang dapat menyebabkan kecacatan permanen, penurunan kualitas hidup karena deformitas dan nyeri yang kronik. Osteoartritis merupakan masalah bagi orang modern di seluruh dunia, tidak hanya di area perkotaan tetapi juga di pedesaan.

Dalam Temu Ilmiah Reumatologi 5-8 Mei 2011 lalu, kepedulian terhadap beban osteoartritis tidak hanya disampaikan secara ilmiah pada simposium, tetapi juga secara ilmiah dan promosional pada stand-stand pendukung acara. Salah satu stand yang berpartisipasi adalah perusahaan farmasi nasional terbesar di Asia Tenggara, PT Kalbe Farma Tbk, dengan produk unggulannya Durolane®. Sediaan yang mengandung asam hialuronat dengan teknologi NASHA (Non Animal Stabilized Hyaluronic Acid) ini mempunyai berat molekul 1013 dalton, terbesar dibanding preparat asam hialuronat injeksi lainnya, dengan konsentrasi 60 mg/3 mL sehingga memiliki efektivitas yang lebih baik dan relatif lebih aman diberikan pada pasien osteoartritis karena tidak berasal dari bahan hewan.

Asam hialuronat memiliki fungsi sebagai lubrikan (pelumas) dan bantalan (shock breaker) pada sendi, yang berkurang jumlahnya secara progresif pada pasien osteoartritis. Kondisi tersebut membuat sendi-sendi seperti lutut dan panggul menjadi kaku, sulit digerakkan, dan nyeri. Pemberian asam hialuronat eksogen akan meningkatkan kekentalan (viskositas) dan elastisitas cairan sendi sehingga dapat memberikan manfaat bagi pasien osteoartritis.

Asam hialuronat dalam dalam produk ini dihasilkan dari proses bioteknologi yang modern, dan bukan berasal dari hewan. Senyawa hialuronatnya juga bersifat stabil dan tidak mudah rusak oleh suhu panas. Obat ini juga didegradasi layaknya asam hialuronat endogen sehingga memiliki profil keamanan yang baik. Sebuah studi yang dilakukan oleh Akermark et al. (2002) menemukan bahwa injeksi asam hialuronat (NASHA) memperbaiki beberapa simptom seperti nyeri, bengkak dan kemerahan sendi, serta gejala lokal osteoartritis lain. Sementara, temuan peneliti yang sama pada tahun 2004 mengungkapkan bahwa terjadi perbaikan nyeri pada pemberian injeksi asam hialuronat injeksi (NASHA), yaitu nyeri pada saat duduk, nyeri terkait aktivitas sehari-hari, nyeri saat berjalan naik tangga, dan nyeri pada malam hari.

Durolane® diberikan dengan teknik injeksi intra-artikuler. Teknik injeksi ini dapat dipelajari dan bila sudah terbiasa, akan relatif mudah dikerjakan. Pasien cukup berbaring terlentang, kedua tungkai ekstensi dan rileks. Injeksi dilakukan dengan teknik lateral midpatellar. Pada temu ilmiah ini, panitia juga mengadakan workshop injeksi intra-artikuler yang dibawakan oleh dr. Rudy Hidayat, SpPD, seorang ahli reumatologi dari FKUI/RSCM. Teknik injeksi yang mudah juga akan membuat pasien nyaman, dan meningkatkan compliance mereka terhadap terapi.

Indikasi injeksi asam hialuronat adalah osteoartritis lutut dan panggul derajat ringan dan sedang, kecuali pasien yang mengalami infeksi pada sendi bersangkutan, serta pasien yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap pemberian asam hialuronat. Efek samping yang umum dialami adalah nyeri atau bengkak sesaat pada sendi yang diinjeksi. Kondisi ini terkait dengan teknik injeksi yang dilakukan. Injeksi asam hialuronat hanya boleh dilakukan oleh dokter yang berkompeten melakukan prosedur injeksi intra-artikuler. Sebelum injeksi, perlu dilakukan tindakan asepsis menggunakan kapas alkohol dan dokter wajib mengenakan sarung tangan steril.

Dosis injeksi yang direkomendasikan adalah 3 mL untuk setiap sendi yang mengalami osteoartritis (lutut atau panggul). Produk unggulan PT Kalbe Farma ini, merupakan sediaan asam hialuronat dengan dosis tunggal yang diinjeksikan satu kali untuk setiap siklus penatalaksanaan (6 bulan). Injeksi hialuronat memberi manfaat pada peningkatan viskositas cairan sendi, Hal ini akan mengurangi inflamasi dan menurunkan intensitas serta frekuensi nyeri sendi.

EULAR (European League Against Rheumatism) merekomendasikan Pemberian asam hialuronat untuk mengurangi nyeri dan perbaikan fungsi sendi dalam penanganan osteoartritis. ACR (American College of Rheumatology) merekomendasikan pemberian asam hialuronat untuk pasien osteoartritis yang tidak memberikan respons terhadap terapi non-farmakologi atau analgesik yang sederhana.

Ada bermacam-macam produk muskuloskeletal unggulan lain dari PT Kalbe Farma Tbk. Salah satunya adalah Oscal® yang mengandung vitamin D3 yang diperlukan pasien osteoporosis yang defisiensi vitamin D. Produk ini termasuk unggulan juga dalam daftar obat-obat muskuloskeletal Kalbe. Dalam acara temu ilmiah ini, para dokter dapat menambah pengetahuannya tentang obat-obatan di bidang reumatologi dan muskuloskeletal.