Sabtu, 8 Juni 2013 begitu mau antar Ari ke PPI by mobil, ternyata tidak bisa distarter, akhirnya bel pak ade yang datang pegawainya yang pintar yaitu iwan (no hp 022.7056.9320), dicek ternyata masalahnya di aki yang umurnya memang sudah 2 tahun. Setelah yakin saya pay iwan 50 rb untuk kedatangan dan analisanya.

Cek sana-sini untuk pen ggantian aki, ternyata yang digunakan adalah type GS NS40ZL dengan 35 Ah ada yang kering dan ada yang basah. Untuk harga di cek di Astra ternyata harga eceran tertinggi adalah 615 ribu untuk yang MF . Sudah berusaha beli di toko aki Selection (cicadas) pada hari Minggu pagi ternyata tutup.

Sedangkan untuk yang basah HET nya adalah 496 rb belum termasuk accu zuur.

Sebelumnya di charge dulu di Binong dengan biaya 10 rb, akhirnya mobil bisa distarter dan dibawa jalan ke BSM, tetapi waktu pulangnya tekor lagi, akhirnya beli di toko Cianjur yang di jalan Gatsu 178 (Ruko) seharga 500 rb, dan aki yang lama dihargai 50 rb. Kalau dibandingkan dengan harga di internet sepertinya sama murahnya tetapi ternyata berbeda karena harga tersebut sudah diperhitungkan dengan harga aki lama yang ditukarkan.

KESIMPULAN

Lesson learn dari kejadian ini adalah aku jadi tahu tentang permasalahan aki termasuk cara bongkar dan pasang aki di mobil freecd. Aki untuk freed adalah yang type NS40ZL (12 V dan 35 Ah) bila di atas itu maka tidak akanmasuk kedalam wadahnya dan juga berpengaruh dengan bulat klem listriknya.

Jangan terburu-buru, pasti ada hikmahnya dari setiap kejadian.