http://serbaserbifitrianto.blogspot.com/2012/06/jangan-mengeluh.html

 

Manusia memang diciptakan memang mempunyai sifat keluh kesah. Mengeluh karena banyaknya masalah yang dihadapi, mengeluh karena  “merasa” rizkinya kurang, mengeluh karena hal – hal sepele (panas, hujan, dingin, dll). Memang manusia itu gampang sekali berkeluh kesah.. (termasuk saya..). Hampir tiap hari kita dapat mendengar keluh kesah dari orang – orang sekitar kita atau mungkin bahkan kita sendiri yang mengeluh.., entah dari masalah hal-ahal sepele sampai hal hal yang berat. Sekali lagi saya katakan bahwa manusia itu memeng mudah sekali mengeluh..!!

 

Sikap mengeluh secara tidak kita sadari menunjukkan sifat kekerdilan jiwa dan mencari pembenaran sendiri. Biasanya orang yang sering mengeluh akan mencari penyebab permasalahannya. Padahal tanpa disadari, masalah itu muncul dari diri mereka sendiri, buakan orang lain.


 

Islam mengajarkan agar ummatnya tidak berkeluh kesah mengenai masalah dan ujian/cobaan yang sedang dihadapi. Karena dalam hidup di dunia ini tidak akan datar-datar saja, mesti ada ujian cobaan..ada senang dan duka , ada hitam dan putih, ada lapang dan sempit, ada sehat dan sakit dan sebagainya. Oleh kareana itu mengapa harus mengeluh??? karena semua itu pasti akan terjadi dalam diri kita ini yang hidup di dunia.

 

Sikap mengeluh dalam diri mencerminkan kita masih bersifat seperti anak-anak yang selalu ingin dimanja terus. seolah-olah kita tidak terima atas takdir yang Alloh berikan kepada kita. Mengeluh juga menunjukkan seolah-olah kita menyalahkan Alloh sebagai Sang Maha Pengatur atas segala kehidupan ini.

 

“Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir.” (QS. Al Maariij: 19-21)

 

 

Dalam hidup, kita sering sekali mendengar kata-kata keluhan seperti ini atau bahkan kita juga pernah mengucapkannya. Tapi yakinlah bahwa Alloh itu Maha pengasih dan Penyayang kepada hamba-hamba-Nya. Sehingga Ia menjawab keluh kesah hamba-Nya secara indah dalam Al Qur’an.

  • Kenapa aku di uji seperti ini??

 

Alloh menjawabnya di QS. Al Ankabut: 2-3

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: ‘Kami telah beriman’, sedang mereka tidak diuji lagi ?Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.

 

  • Kenapa aku tidak mendapat yang aku inginkan???

Alloh menjawabnya di QS. Al Baqoroh: 216

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui”

  • Kenapa ujian seberat ini???

Alloh menjawabnya di QS. Al Baqoroh: 286

Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya.”

  • Kenapa aku frustasi???

Alloh menjawabnya di QS.Ali Imran: 139

“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yg paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman”

 

  • Aku sudah tak sanggup lagi..!

Alloh menjawabnya di QS. Yusuf: 12

“….dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yg kafir.”

 

 

 

Karena itu maka mulai dari sekarang jauhilah sikap dari diri ini dari sifat keluh kesah. Jika kita pernah mengeluh dalam kehidupan dan menyadarinya, maka segeralah kita beristighfar dan memohon ampunan dari Alloh SWT. Semoga Alloh mengampuni dosa-dosa kita yang selama ini sering berkeluh kesah atas setiap permasalahan yang kita hadapi. Semoga juga Alloh SWT meneguhkan dan menegarkan iman kita dalam setiap persoalan dan kesulitan yang kita hadapi. Amiin..

 

Wallohu’alam.

 

Refrensi:

 

http://www.muhammadnoer.com/2009/02/jangan-mengeluh/

http://www.facebook.com/notes/keajaiban-alquran-%DB%9E-bukti-bukti-bahwa-quran-adalah-kalam-allah-%DB%9E/al-quran-menjawab-jangan-mengeluh-dan-jangan-gelisah/272980709383529