Bersyukur akan Meningkatkan Kualitas Hidup

Dan (ingatlah juga), tatkala Allah SWT memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih”. (QS Ibrahim 14:7)

Definisi Bersyukur

Syukur berarti berterima kasih, mengakui berbagai kelimpahan dalam hidup Anda, dan mengakui kebahagiaan yang Anda terima. Bersyukur berarti bahwa Anda menghargai apa yang orang telah lakukan bagi Anda dan Anda ingin mengungkapkan rasa terima kasih Anda. Dengan bersyukur berarti Anda belajar untuk menjalani hidup seolah-olah segala sesuatunya adalah keajaiban, dan Anda menyadari secara terus menerus betapa banyaknya hal-hal luar biasa yang telah diberikan pada kehidupan Anda. Syukur berarti menggeser fokus Anda dari hidup berkekurangan dengan kelimpahan hidup yang sudah Anda terima.

Penelitian dalam perilaku dan psikologis menunjukkan bahwa perbaikan kehidupan yang mengejutkan bisa diperoleh dengan dukungan praktek bersyukur. Mengucap syukur membuat orang lebih bahagia dan lebih tahan banting, memperkuat hubungan, meningkatkan kesehatan, dan mengurangi stres.

Penelitian Menunjukkan Syukur mempertinggi Kualitas Hidup

Dua psikolog, Michael McCollough dari Southern Methodist University di Dallas, Texas, dan Robert Emmons dari University of California di Davis, menulis sebuah artikel tentang percobaan mereka terhadap rasa syukur dan dampaknya terhadap kesejahteraan manusia. Penelitian ini membagi beberapa ratus orang menjadi tiga kelompok yang berbeda dan semua peserta tersebut diminta untuk menulis di catatan harian tentang pengalaman yang mereka alami. Kelompok pertama membuat catatan harian dari peristiwa yang terjadi pada siang hari tanpa diberitahu secara khusus untuk menulis tentang hal-hal yang baik atau hal yang buruk, kelompok kedua diminta untuk merekam pengalaman yang tidak menyenangkan, dan kelompok terakhir diperintahkan untuk membuat daftar harian hal-hal yang mereka syukuri.

Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa latihan bersyukur setiap hari menghasilkan nilai yang lebih tinggi dalam kewaspadaan, antusiasme, tekad, optimisme, dan energi. Selain itu, kelompok syukur mengalami tingkat depresi dan stres yang lebih rendah, lebih terdorong untuk membantu orang lain, mereka berolahraga lebih teratur, dan membuat kemajuan yang lebih besar dalam pencapaian tujuan pribadi.

Selain penelitian tersebut, Dr Emmons juga pernah menulis buku yang didasarkan pada penelitian yang melibatkan ribuan orang yang dilakukan di seluruh dunia. Salah satu hasil penelitiannya menunjukkan bahwa latihan bersyukur dapat meningkatkan tingkat kebahagiaan sampai dengan 25%.

Tingkat kebahagiaan Anda ditetapkan secara alamiah pada titik tertentu. Jika sesuatu yang buruk terjadi pada Anda di siang hari, kebahagiaan Anda bisa drop sementara waktu, tapi kemudian kembali ke tingkat alamiahnya. Demikian sebaliknya, jika sesuatu yang positif terjadi pada Anda, maka tingkat kebahagiaan Anda meningkat, dan kemudian akan kembali lagi ke tingkat alamiahnya. Praktek bersyukur setiap hari akan meningkatkan titik alamiah tersebut sehingga Anda akan tetap berada pada tingkat kebahagiaan terlepas dari situasi apapun yang Anda alami.

Selain itu, penelitian Dr Emmons menunjukkan bahwa mereka yang mempraktekan rasa syukur cenderung lebih kreatif, bangkit kembali lebih cepat dari keterpurukan, memiliki sistem kekebalan yang lebih baik, dan memiliki hubungan sosial yang lebih kuat daripada mereka yang tidak berlatih bersyukur.

Kenali dan Hargai Apa Yang Kita Terima Setiap Hari

Orang-orang cenderung untuk menganggap remeh segala macam kebaikan yang sudah hadir dalam hidup mereka. Mereka menganggap kebaikan-kebaikan tersebut adalah hal yang lumrah.

Ada sebuah teknik latihan bersyukur yang menginstruksikan Anda untuk membayangkan kehilangan beberapa hal yang Anda anggap sepele dan lumrah, seperti misalnya rumah Anda, kemampuan Anda untuk melihat atau mendengar, kemampuan Anda untuk berjalan, atau apapun yang memberikan Anda kenyamanan dalam hidup. Kemudian bayangkan Anda mendapatkan kembali hal tersebut satu per satu, dan lihat bagaimana rasa syukur Anda ketika mendapatkan kembali satu per satu apa yang dulunya Anda anggap sepele.

Selain itu, Anda perlu mulai menemukan sukacita dalam hal-hal kecil, bukan untuk pencapaian besar seperti mendapatkan promosi, deposito tabungan yang besar, menikah, melahirkan, dan sebagainya sebelum memulai praktek untuk merasa bersyukur dan bersukacita.

Cara lain mengungkapkan rasa terima kasih untuk lebih menghargai hidup adalah dengan menggunakan syukur untuk membantu Anda meletakkan segala sesuatu dalam perspektif yang tepat. Ketika hal-hal yang terjadi tidak berjalan seperti yang Anda harapkan, ingat bahwa kesulitan-kesulitan tersebut membawa benih-benih manfaat yang sama atau bahkan lebih besar. Dalam menghadapi kesulitan, tanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut: “Apa sisi baik tentang hal ini?”, “Apa yang bisa saya pelajari dari hal ini?”, Dan “Bagaimana saya bisa mendapatkan manfaat dari kejadian ini?”

Kesimpulan
Setelah Anda menjadi berorientasi mencari hal-hal untuk disyukuri, Anda akan menemukan diri Anda mulai menghargai kesenangan / kenikmatan sederhana dan menghargai hal-hal yang sebelumnya Anda pandang sebelah mata. Rasa syukur tidak boleh hanya sebagai reaksi dari apa yang Anda inginkan sudah Anda dapatkan, tapi bersyukurlah setiap waktu, dimana Anda menghargai hal-hal kecil dan dimana Anda terus-menerus mencari sisi positif bahkan dalam situasi yang tidak menyenangkan. Mulailah dari detik ini untuk mensyukuri segala situasi yang Anda alami. Jangan menunggu pengalaman positif untuk mulai bersyukur.