Bersyukur akan Meningkatkan Kualitas Hidup

Dan (ingatlah juga), tatkala Allah SWT memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih”. (QS Ibrahim 14:7)

Definisi Bersyukur

Syukur berarti berterima kasih, mengakui berbagai kelimpahan dalam hidup Anda, dan mengakui kebahagiaan yang Anda terima. Bersyukur berarti bahwa Anda menghargai apa yang orang telah lakukan bagi Anda dan Anda ingin mengungkapkan rasa terima kasih Anda. Dengan bersyukur berarti Anda belajar untuk menjalani hidup seolah-olah segala sesuatunya adalah keajaiban, dan Anda menyadari secara terus menerus betapa banyaknya hal-hal luar biasa yang telah diberikan pada kehidupan Anda. Syukur berarti menggeser fokus Anda dari hidup berkekurangan dengan kelimpahan hidup yang sudah Anda terima.

Penelitian dalam perilaku dan psikologis menunjukkan bahwa perbaikan kehidupan yang mengejutkan bisa diperoleh dengan dukungan praktek bersyukur. Mengucap syukur membuat orang lebih bahagia dan lebih tahan banting, memperkuat hubungan, meningkatkan kesehatan, dan mengurangi stres.