Ada permintaan untuk jadi technical assistantnya di PINS

Tanggal 18 September 2013

Telpon dari p wawan jam 19.40 an ketika sedang baca-baca OCD nya Dedi Corbuzier.

Harus selesai awal Januari 2014 ada waktu 3 bulanan untuk mempelajari permintaannya PINS dimana ingin muncul internal order tetapi cek budgetnya bukan per project tetapi secara keseluruhan dan muncul beban dan pendapatannya.

Contoh project A

Bebannya adalah di cost center A dan akun B dengan nilai total anggaran di akun B adalah 1 juta, maka akun B tersebut digunakan untuk tidak hanya proyek A tetapi juga proyek B, misalnya proyek A nya 600 ribu sedangkan proyek B nya sebesar 400 ribu tetapi pada kenyataannya bisa saja A = 750 dan B = 250 tetapi secara total tidak akan melebihi 1 juta.

Berarti cek budgetnya tetap di cost center dan akun, padahal internal order itu kedudukannya lebih tinggi daripada cost center. Jadi pada saat internal order tersebut diisi data akunnya maka yang statistical adalah yang cost centernya bukan internal ordernya.

Kesimpulan:

  • Tidak bisa cek budgetnya atas cost center karena kedudukannya lebih rendah daripada internal order. Otomatis cost center sebagai statistical posting.
  • Bagaimana mensolusikannya?
    • Checking budget tetap harus di internal order, kurang lebihnya dilakukan RRA per internal order. Hanya apakah mau per akun juga atau secara keseluruhan. Bila per internal order tanpa melihat akun maka tidak perlu diassign ke FM.
    • Berarti ada anggaran beban yang menggunakan internal order, dan ada juga yang tidak menggunakan internal order (langsung cost center).

Tanggal 19 September 2013

Kelihatannya Indah PIN ingin agar anggaran tetap dalam cost center hanya di dalamnya per kegiatan (internal order), kalau di Telkom seperti menggunakan kode activity, dan tidak check budget per kode activity tersebut, tetapi yang jadi permasalahan adalah kode activity tersebut dianggap sebagai atribut dan tidak bisa memasukkan realisasi pendapatan, dan bisa diisi sembarangan, dan juga tidak bisa menampilkan realisasi per activity untuk beban dan pendapatan.