Perbaikan kulkas mandiri

Mulai jumat malam, 7 Pebruari 2014 kulkas di rumah tidak dingin, hal ini diketahui ketika pembantu bertanya apakah melakukan sesuatu terhadap kulkas sehingga es batunya jadi cair. Dicek sebentar malam tersebut tetapi akhirnya menyerah, lalu coba googling tentang permasalahan tersebut termasuk mencari tukang service di bandung.

Paginya, Sabtu 8 Pebruari 2014 masih penasaran, coba google lagi dan cek di belakang kulkas mungkin permasalahannya di perkabelan, print berbagai masukan dari internet, salah satunya yang menginspirasi adalah di alama ini http://kalijenes.blogspot.com/2013/08/cara-sederhana-memperbaiki-kulkas-satu-pintu-yang-mati.html

Sebelumnya sudah hubungi tempat service dan akan datang pukul 10 – 11 siang.

Jadi sambil menunggu waktu datangnya tukang service, coba lagi karena penasaran, coba dibongkar perkabelan dan tidak ditemukan masalah, lalu bongkar lagi tempat disimpannya relay yang menempel dengan kompressor, karena dari petunjuk kemungkinan besarnya adalah relay tersebut sudah rusak. Pertama kebingungan saat mau bongkar tempat relay karena ada penjepit yang tidak tahu cara membukanya. Coba lihat di youtube, dan dapatlah cara bukanya di alamat ini https://www.youtube.com/watch?v=qzx6y3t_HzA

Setelah bisa dibuka pelindung relaynya, lalu dicabutlah relay tersebut, dan coba digoyang-goyang, dan ternyata memang bunyi kresek-kresek yang menandakan didalam relaynya sudah rusak.

Langkah selanjutnya adalah mengganti relay tersebut, jadi aku beli ke jaya plaza by motor tetapi karena kepagian jam 08.20 an sehingga belum pada buka (buka jam 09.30 kata tukang parkir). Akhirnya ke cikapundung, dan jadilah beli seharga 15 rb sesuai yang testimoni di internet (awalnya menawarkan harga 25 rb).

Sampai rumah jam 09.00, langsung coba pasang dan …….. Alhamdulillah jalan lagi fungsi pendingin kulkas tersebut.

Terimakasih kepada google yang telah menjadi jalan ditemukannya penyelesaian kulkas tidak dingin. Akhirnya diteleponlah ke tukang service untuk pembatalannya.