Hari ini setelah berjuang dengan fokus untuk tetap duduk menyelesaikan pekerjaan yang selalu tertunda tidak selesai dan belum tuntas saja, didapat suatu kondisi bila kita terstruktur cara bekerja dan berfikirnya, ada arah tujuan yang ingin dicapai, tidak terburu-buru, maka dengan otak yang posisinya tidak ditekan (rileks) akhirnya satu persatu tugas dapat diselesaikan.

Hikmahnya adalah:

– Kerja itu harus ada arah dan tujuan, contoh pada hari ini aku coba menyelesaikan pekerjaan atas review PR BMPS, dimana tujuan akhirnya adalah bagaimana dampak kepada performansi RKAP Telkom atas pengalihan pembayaran BMPS yang asalnya dari Telkom ke Dapen.

– Kerjakan dengan tekun tetapi rileks, jadi buat kepingan kecil-kecil dari permasalahan yang ada, contoh dampak ke RKAP Telkom tersebut karena unsur pajak (maka siapkan data pendukung peraturan pajaknya), pasal-pasal mana yang terkait dengan efisiensi pengeluaran beban. Setelah diketahui pasalnya, lalu cek bagaimana perhitungan besaran rupiah yang dihemat pada tahun 2014 dengan mempelajari hasil perhitungan aktuaris, untuk itu perlu dimengerti masing-masing item yang ada dalam hasil perhitungan aktuaris tersebut.

– Buat kerangka acuan sehingga pembahasan terstruktur, kerangka ini bisa berbentuk seperti skripsi/tesis atau dalam bentuk tanya jawab, yang seolah-olah sedang dan akan diuji sidang oleh pengujinya.