Saya sudah memasang ac merk D****N terakhir minggu, 9 Nov 2014 yang inverter 1/2 pk, ini adalah pemasangan ke 3 merk yang sama, karena sebelumnya sudah pasang juga merk yang sama tahun 2011 (1/2 pk inverter) dan 2012 (3/4 pk inverter). Selama ini belum pernah bermasalah. Memang harga unit maupun pemasangannya agak jauh di atas AC merk lainnya, tetapi saya berprinsip “ada harga ada rupa”. Pemeliharaan juga mudah, selama ini saya hanya membersihkan filter yang indoor saja, sedangkan outdoornya belum pernah (krn diletakkan di dak di atas lantai 2 shg agak susah dicapainya Hidden Content ).
Untuk pipa tembaganya memang kata penjualnya perlu yang tebalnya 0,7 mm karena freonnya yang R410 tekanannya lebih kuat drpd yang R22, dan karena beli di dealer resminya agak mahal, jadinya saya hanya beli unitnya saja (kebetulan sudah pernah beli sebelumnya jadi dapat diskon harga lumayan), sedangkan pasang pakai tukang pasang ac di luar penjual dan perlengkapan lainnya beli sendiri (pipa, kabel, selotip, flexible, colokan, dll), saya kemarin beli pipa tembaga merk Kembla (Crane), sehingga total ongkosnya untuk upah pasang dan peralatannya lebih murah +/- 30% dari yang ditawarkan penjualnya (dan dengan bahan yang lebih bagus).
Pipa merk Kembla (buatan australia) tersebut bila diperlukan untuk dibengkokkan karena situasi pemasangan, tidak menjadi gepeng (dan ini kata yang pasang ac suka kejadian bila menggunakan merk yang biasa), memang harganya juga hampir 2 kali lipat yang biasa. Demikian semoga membantu.