HARNAL D 0.2 MG TABLET yaitu obat untuk

Kontra Indikasi: Gangguan fungsi ginjal, insufisiensi hati berat. Pemberian bersama dengan vardenafil HCl.
Perhatian: Hipotensi ortostatik. Gangguan fungsi hati, gangguan fungsi ginjal ringan s/d sedang. Intra-op floppy iris syndrome (IFIS). Dapat mengganggu kemampuan mengemudi kendaraan bermotor atau menjalankan mesin. Usia lanjut.
Efek Samping: Gangguan fungsi hati, ikterus. Pusing, sakit kepala, gelisah, penurunan TD, hipotensi ortostatik, takikardi, palpitasi, gatal, ruam kulit, gangguan gastrointestinal (saluran cerna); obstruksi nasal, edema, inkontinensia urin, rasa panas terbakar pada farings, keleahan yang menyeluruh; priapismus, IFIS.

Secara harfiah, kontraindikasi berarti kontra-indikasi, yaitu melawan sesuatu yang diindikasikan (dianjurkan atau diperlukan). Kontraindikasi adalah situasi di mana aplikasi obat atau terapi tertentu tidak dianjurkan, karena dapat meningkatkan risiko terhadap pasien. Misalnya, ketika seseorang memiliki alergi terhadap penisilin, dia dianggap kontraindikasi untuk pemberian penisilin, karena akan memicu reaksi alergi. Kontraindikasi adalah salah satu dari fakta medis utama yang dipertimbangkan ketika memulai rencana perawatan untuk pasien. Kontraindikasi bisa bersifat absolut atau relatif.

Kesimpulan : jangan diberikan dulu

2. Methycobal 500 mg

Methylcobalamin hanya suplemen gizi, yang merupakan bentuk vitamin B12, sering diberikan kepada orang-orang yang menderita berbagai jenis nyeri saraf, karena kekurangan ini telah terbukti untuk berkontribusi dan memperburuk kondisi tersebut.

Sebagai suplemen, profil efek samping untuk itu belum diteliti seperti yang dilakukan obat yang sebenarnya, tetapi beberapa orang telah melaporkan beberapa mual, setelah mengambilnya.

Kesimpulan: karena menyebabkan mual, maka sementara tidak diberikan.

3. LACTULAX LACTULOSE

Lactulax adalah nama merk dagang, obat ini berisi lactulose, yaitu sejenis gula buatan yang fungsinya ketika mencapai usus besar akan menyerap air ke dalam usus besar sehingga akan membentuk masa feses atau kotoran yang sifatnya mudah dikeluarkan,

Kesimpulan: untuk memudahkan saat BAB

4. Nexium

Nexium (esomeprazole) milik sekelompok obat yang disebut inhibitor pompa proton. Esomeprazole mengurangi jumlah asam yang diproduksi di perut.

Nexium digunakan untuk mengobati gejala penyakit gastroesophageal reflux (GERD) dan kondisi lain yang melibatkan asam lambung berlebihan seperti sindrom ZollingerEllison. Nexium juga digunakan untuk mempromosikan penyembuhan esofagitis erosif (kerusakan kerongkongan Anda yang disebabkan oleh asam lambung).

Nexium juga dapat diberikan untuk mencegah tukak lambung disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori (H. pylori), atau dengan penggunaan obat antiinflammatory drugs (NSAID).

Sebelum minum obat ini

Hati membakar sering bingung dengan gejala pertama serangan jantung. Cari bantuan medis darurat jika Anda mengalami nyeri dada atau perasaan berat, nyeri menyebar ke lengan atau bahu, mual, berkeringat, dan perasaan sakit umum.

Anda tidak harus mengambil Nexium jika Anda alergi terhadap esomeprazole atau obat apapun benzimidazole lainnya seperti albendazole atau mebendazole.

Untuk memastikan Anda dapat dengan aman mengambil Nexium, beritahu dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari kondisi lain:

Penyakit hati yang berat; atau

rendahnya tingkat magnesium dalam darah Anda.

Mengambil inhibitor pompa proton seperti Nexium dapat meningkatkan risiko patah tulang di pinggul, pergelangan tangan, atau tulang belakang. Efek ini terjadi terutama pada orang yang telah mengambil jangka panjang obat atau dosis tinggi, dan pada mereka yang berusia 50 dan lebih tua. Tidak jelas apakah Nexium adalah penyebab sebenarnya dari peningkatan risiko fraktur. Sebelum Anda mengambil obat ini, beritahu dokter Anda jika Anda memiliki osteoporosis atau osteopenia (kepadatan mineral tulang yang rendah).

Beberapa kondisi yang diobati dengan kombinasi esomeprazole dan antibiotik. Menggunakan semua obat seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Baca obat panduan atau petunjuk pasien diberikan dengan setiap obat. Jangan mengubah dosis atau jadwal pengobatan tanpa saran dokter Anda.

FDA kehamilan kategori B. Nexium tidak diharapkan untuk menyakiti bayi yang belum lahir. Katakan kepada dokter Anda jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil selama pengobatan.

Kesimpulan: obat sakit mag, tetapi ke arah hati (lever)