Alhamdulillah, akhirnya pada Sabtu, 1 Oktober 2016 bertepatan dengan hari Kesaktian Pancasila, aku akhirnya bisa akses ke IP camera Panasonic di rumah tanpa melalui teamviewer lagi dan komputer selalu harus dihidupkan.

Ini bermula dari kunjungan ke arumsari VII ketemu dengan dedi yang menanyakan apakah bisa akses ke CCTV di rumah, pada saat itu aku jawab belum bisa karena harus selalu mengaktifkan teamviewer di rumah. Dari kejadian tersebut, aku coba lagi di rumah untuk memeriksa kemungkinan agar bisa akses ke IP camera tsb langsung dari internet.

Langkah yang dilakukan adalah mengingat kembali cara masuk ke settingan IP camera di rumah dengan search catatan word yang pernah dibuat, ternyata dengan search IP camera maka diketahui langkah-langkah yang pernah dibuat, minimal didapat user akses ke IP camera itu yaitu mynik dengan password myson77.

Setelah bisa masuk ke dalam settingan IP camera, setelah itu dilakukan proses sbb:

  1. Masuk ke SETUP – Network – Ubah dari Automatic Setup menjadi Static, lali SAVE maka akan diperintahkan RESTART, tunggu kurang lebih satu menit
  2. Masuk ke SETUP – DinamicDNS (DDNS), lalu pilih Viewnetcam.com lalu Next, nanti ada pilihan Viewnetcam.com configuration. Ada 2 link yaitu:
    1. Personal (Camera) URL : http://denym2.viewnetcam.com:50003
    2. Your Account Link : https://www.viewnetcam.com/ip_ddns/index.php?v1=5ubs7ubskObslebs5e%2Fsl%2BI%3D

Bila personal camera URL masih kosong, maka masuk ke your account link, nanti akan masuk dengan user dan password email kita, untuk dilakukan proses pembuatan personal camera URL dimana untuk namanya kita bebas isi tetapi belakangnya adalah xxx.vietnetcam.com

Untuk saya ada 4 kamera dengan nama personal camera nya adalah sbb:

http://denym.viewnetcam.com:50001

http://denym1.viewnetcam.com:50002

http://denym2.viewnetcam.com:50003

http://denym3.viewnetcam.com:50000

Jadi kesimpulannya adalah setting network harus STATIS setelah itu baru daftar nama ke viewnetcam.com sebagai layanan gratis dari pembelian IP camera Panasonic.

Dengan selesainya masalah ini, maka aku ada keinginan untuk beli IP camera untuk yang dijalan.